Kaget setengah mati sama TVC Molto tentang "Negeri Kain". Mungkin saja gua salah.. yaitu kalo ternyata produk ini sama, antara Molto dan Comfort Creme, tapi kalau ternyata beda.. pihak yang musti diinterogasi adalah creative director advertisingnya. Tak lama.. Creative Director Ogilvy & Mather untuk produk Unilever memberikan konfirmasi bahwa produk tersebut sama, hanya beda nama brand-nya.
Mungkin teman2 ada yang udah lihat promonya di TV? Sering diputar di Trans7. Berikut adalah versi Comfort Creme (UK). Yang buat 3D-nya ini sebuah creative house di London yang udah berhasil menelurkan banyak sekali 3D yang keren-keren, namanya Mill (www.mill.co.uk)
Ini iklan Comfort Creme-nya
gue baru sempet liat tadi siang di TV..waduh, contekan yak ternyata.. ckckckckck..
ReplyDeletesetau gue, Molto is a local product that was bought by Unilever. Tapi di O&M ada yg bilang bahwa itu produk internasional...
ReplyDeleteGimana dong?
Sama2 Unilever, tapi Comfort Creme di UK... Mungkin juga sih tadinya Molto local tapi akhirnya formulanya sama dengan Comfort Creme dengan tetap memakai nama Molto di Indonesia.
ReplyDeletethat's highly possible.... Jadi production dan distribution channels nya diambil oleh Unilever gitu ya?
ReplyDeleteBtw, Molto itu punya keluarga nya Ibod loh... tau ngga La?
Kira2 begitulah for point one.
ReplyDeletePoint two, gue baru tau tuh... Ada hubungannya gak ya sama black shirts kebangsaannya dia? Hehehe...
that guy is a conglomerate, La... ha ha ha.... His family also owns Yuppie... yes, the gummy bears...
ReplyDeleteWah gitu ya?? Trims nih info nya.. Nah.. mungkin ada yang tahu ad agency-nya mana yang buat? Ayo dong AD atau CW nya.. kasih konfirmasinya.. at least share konsepnya gitu?
ReplyDeleteThanks euy.. jadi pencerahan
AD, CW! cepat jawab! hehehe..
ReplyDeletegue pernah baca di mana gt, kadang kita gak bisa creative,
karena gak enak ama klient....(terjemahkan sendiri kata "gak enak")
Yang sebelum2 ini sih gue cek yang bikin Ogilvy & Mather... Tapi gak tau deh untuk yang baru ini. Tunggu aja besok pagi... Pasti banyak yang jawab deh. Hehehe... ;)
ReplyDeletecieeee... pengalaman pribadi nih? ha ha ha ha
ReplyDeleteAda dua hal disini:
ReplyDelete1. Kalo 'terlalu kreatif' bisa juga melenceng dari brand promise nya. Jadi mungkin hasilnya agak 'standard' dan 'membosankan' utk ukuran ajang penghargaan periklanan.
2. Gak enak sama klien dalam arti klien nya sudah punya 'ide kreatif' sendiri dan karena billing nya lumayan utk revenue agency, ya ikut ajaaa.... yg penting bisa makan... ha ha ha
Pengalaman pribadi googling, Yash... *tidur giiihhh! makin gak penting deh komennya...*
ReplyDeleteDuh gua males deh ngomentarin hal kayak gini... (1) Gw pasti akan sinis... (2) Pengalaman gw di ad agency cuma secuil... gw gak tahan sama konsep bisnisnya.. makanya gw cabut
ReplyDeleteyang penting asal tidak terlalu banyak kompromi yang mengikis 2 kepentingan yg berbeda tersebut: jualan dan kreatifitas...
ReplyDeleteCieee... gue bijak banget ya...
Nah untuk urusan ini sih.. gua rasa kembali ke "siapa klien-nya"
ReplyDeleteBanyak koq temen gw ha ha hi hi bersama kerjaannya karena kliennya asik-asik aja dan satu frekwensi kalo buat cari ide-ide yg seru.. sisanya sih.. GAYA IKLAN TRADISIONAL hahahaha..
Thanks for the advise boss!
memang paling enak dapet klien rokok yg duit nya ngga ada habisnya, dan ngga bisa beriklan seperti produk lain.
ReplyDeleteYg diprioritaskan lebih ke memperkuat brand dari si rokok tersebut, dan bukan jualan dengan penekanan di harga dan lain-lain.
Motulz,
ReplyDeletesebagai creative dari Ogilvy & Mather Indonesia, gue pingin ngelurusin nih...
Bahwasanya Comfort dan Molto itu sama, cuma beda nama... Banyak juga sebenarnya produk Unilever lain yang mempunyai nama berbeda-beda, tergantung region dan negaranya. Dan campaign mereka di seluruh dunia sama materinya, cuma dibedain nama (ada serapan lokal)
Contohnya yang udah ada yaitu Rinso dengan 'Kotor Itu Baik' dan Omo dengan 'Dirt Is Good'.
Untuk Molto yang Negeri Kain itu emang merupakan konsep global, jadi di seluruh dunia konsepnya ya negeri kain (dalam bahasa aslinya Clothworld)...
Materi yang ada di Indonesia adalah materi dari regional dan sebagian adalah materi buatan lokal.
Jadi kalo dibilang nyontek ya iya, secara produknya sama dan itu merupakan kehendak klien global biar campaign-nya di seluruh dunia sama...
:)
-Untung H. Bimo-
Creative Group Head for Unilever Brands
Ogilvy & Mather
Indonesia
Omo? Itu beda sama brand Omo Biru alias sabun colek itu?
ReplyDeleteAhhh... lega rasanya :D
ReplyDeleteWah ini keren banget.. respect! Thanks for sharing ya.. apalagi dengan penjelasan yg gamblang.
Gue rasa ini bukan kategori nyontek kali ya.. tapi ADAPTASI (istilah standar ad), soalnya gw pernah dan sering ngerjain ad yg adaptasi.
Terima kasih Pak Untung... untung ada Pak Untung.. jadi clear deh :) (oops! maksudnya bukan clear produk Procter & Gamble.. tapi clear = jelas! )
Nuhun euy!! :D
Clear itu Unilever, Pak Motulz..... Head and Shoulders itu yg P&G.
ReplyDeleteKalo nyuci rambut boneka pake yg mana Pak? he he he
Oh iya ya? hahahahahahhaa.. ah udah ah.. koq gw makin siwer yak :P
ReplyDeleteThanks again Mr.Yasha! :D (jangan bete2 yaak)
Dry cleaning.. hehehehe.. (serius)
ReplyDeletebrarti judulnya harus diganti.....
ReplyDeletemungkin terlalu banyak keramaian di lingkungan sekitar karena terlalu banyak orang Betawi bikin pesta kawin di pojokan Mazda kotak sabun...
ReplyDeleteGue lagi kerja di Kemang Vista nih... Loe masih di Green Vista situ?
Eh iya Fi.. udah tuh khihkhihkii.. maaf ya :D
ReplyDeleteThanks udah ngingetin
Hahahahahahahaha.. gile lu :))
ReplyDeleteGua skrg di Cipete.. belakang sekolah Perancis.. lebih asik environment nya.. apalagi buat studio gue.. PAS! :D mampir2 ke sini dong
kayaknya ntar2 bakal jadi tambah sering liat "persamaan" seperti ini, karena "globalisasi" produk udah mulai ya..
ReplyDeleteproduk2 lokal.. kumaha?
hmmm... padahal ad agent itu isinya selalu, nggak pernah enggak, orang2 kreativ... walopun produknya sama, tetep aja.. being creative is a different thing
ReplyDeleteyah, keduluan ama Untung...hihihi... Kalo boleh nambahin statement Pak Untung, nanganin brand regional itu SUCKS berat, clientnya ada dua, kudu report pula ke kantor pusat (kalo di asia tenggara biasanya bangkok atau singapore), geuleuh lah pokoknya...
ReplyDelete*gak penting yak?*