Thursday, July 31, 2008

Kisah Kenangan Bau (Bau dan Memori Manusia)

Pernahkah dibayangkan jika kita nonton berita tentang ditemukan mayat akan tetapi disertai bau? Lalu saat melihat berita lain di TV tentang kecelakaan motor kita bisa menghirup bau bensin bercampur bau darah? Apa yang kita rasakan saat itu? Bagaimana peranan bau terhadap sensasi otak kita?

1. Hidung: Panca Indera Yang Terlupakan

Hidung adalah salah satu panca indera kita yang terlupakan dalam konteks perkembangan teknologinya. Sejak teknologi berkembang, manusia selalu mencoba menemukan alat-alat yang mampu menopang kekurangan kemampuan (keterbatasan) dari organ asli manusia. Kita semua tahu bahwa MATA dan TELINGA merupakan pance indera yang paling maju hubungannya dengan perkembangan teknologi. Kemampuan Mata sebagai indera "rupa" (visual) sudah dikenal lewat teknologi sejak lama. Apalagi sejak John Logie Baird menemukan televisi.

Sementara jauh sebelum teknologi visual, maka teknologi audio (rungu) lebih dulu ditemukan teknologinya oleh Alexander Graham Bell. Sejak itu, perkembagan kedua indera ini makin maju pesat seiring dengan kemajuan teknologi yang kemudian dikenal dengan teknologi audio-visual (AV) atau rupa-rungu.

Begitupun halnya dengan indera kulit (censoring) sebagai perasa suhu (temperature). Nah.. lantas bagaimana dengan indera penciuman? Hidung, merupakan indera penciuman yang hingga kini teknologi masih sulit untuk dikembangannya.

2. Bau Primer dan Bau Sekunder

Sekedar bergumam, gue ceritanya punya konsep yang sok-sok-an menghayal bebas dan liar seperti di film Star Trek. Yaitu tentang konsep bau dan hubungannya dengan teknologi.

Gue berfikir bau itu seperti warna, yakni mempunyai bau primer, bau sekunder, dan bau tersier. Konsep ini mirip dengan konsep warna primer, sekunder, dan tersier. Perpaduan bau-bau primer tadi akan menghasilkan bau sekunder dan seterusnya.

Ide ini gue lihat saat peracik parfum oplosan dengan mudah mencampur variasi-variasi bau untuk menemukan bau parfum merek tertentu. Secara prinsip gue rasa ini sama halnya dengan bau pada makanan (aroma), bau pada benda (odor), bau suasana (scent), atau pewangi tadi (fragrance).

Jadi misalnya (contoh) bahwa bau primer itu adalah BAU A, BAU B, dan BAU C. Lalu bau sekunder adalah BAU AaB, BAU CaB, BAU BbAC dan seterusnya.

Nah misalnya untuk bau durian, adalah perpaduan : 0,5 BAU C + 2,7 BAU BbAC + 7,3 BAU AaB = Bau Duren (harusnya ada kode tertentu untuk bau durian ini)

Kode dalam bau, yang gue bayangin ya sama dengan kode warna. Kode warna CMYK atau RGB atau HEXACOLOR dan seterusnya. Dengan konsep ini maka apapun bau bisa di-breakdown kode dasarnya dan bisa dibuat tiruannya.

3. Hubungan Bau dan Kenangan

Sadar tidak sadar bau sudah mempunyai peran besar dalam proses kenangan kita dan persepsi otak kita. Seberapa sering kita bisa menikmati sebuah film atau foto akan sebuah kejadian, lokasi dan tempat namun hal tersebut masih terasa kurang gairahnya karena kita kehilangan aroma dari suasana tersebut.

Contoh lain, saat kita masih kuliah atau dalam masa tertentu kita menggunakan parfum bermerek anu, nah setelah sekian lama dan kita mencium bau parfum anu tersebut kita bisa merasakan suasana dan kenangan pada masa-masa itu.

Yang paling terasa lagi adalah saat bau berkaitan dengan kejadian yang tidak nyaman. Contohnya saat kita mencium bau sedap malam plus melati. Rasanya memori kita langsung tertuju pada suasana pemakaman. Lalu bau kemenyan yang mengingatkan kita pada suasana di Bali. Nah.. gue pernah bongkar-bongkar gudang di mana gua menemukan kotak penyimpanan barang-barang rongsokan zaman gue masih SMP. Gue menemukan botol minyak wangi Garuda Airlines buatan Gondo Wangi Sariaji. Saat gw mencium ujung botol tersebut, seketika itu juga gue seperti sedang travelling back in time ke masa SMP. Cobain deh...

4. Masa Depan Bau

Lalu bagaimana bau dapat merubah kehidupan masa depan manusia? Jelas punya peranan yang sangat besar. Tentu penemuan alat perekam dan penyaji bau sangat dibutuhkan manusia di masa depan.

Bagaimana kita bisa tahu jika 20 tahun mendatang bunga melati akan musnah dari bumi dan anak cucu kita hanya tahu kisah melati tanpa tahu baunya seperti apa. Lalu bagaimana anak cucu kita bisa mencium bau rempah-rempah khas Indonesia, seperti jahe, kunyit dan seterusnya.

Konon manusia pernah ke bulan, tapi apakah mereka tahu bau hawa di bulan seperti apa? Padahal dengan bau, kita bisa menganalisa jenis bahan kimiawi yang terkandung dari bau tersebut.

Sebaliknya, di masa depan bukan tidak mungkin kita menonton film plus dengan bau artificial-nya. Jadi saat kita menonton film adegan di tepi pantai, penonton bisa mencium bau lautnya. Lalu saat kita menonton film horror, tentu akan makin merinding karena penonton bisa langsung mencium bau darah, bau bangkai, atau bau obat-obatan di rumah sakit.

Sebagai tambahan, pernahkan kita tahu bahwa seorang bayi bisa lekat dengan ibunya karena bau badan si ibu yang sudah lekat dikenali si bayi? Pernahkah kita dengar bahwa bau badan pria dan wanita punya sensasi sex tersendiri? Nah.. bagaimana perkembangan bau di masa depan? Kita tunggu saja.. :)

Foto : http://www.parentsbehavingbadly.com

12 comments:

  1. Baru aja gue ngobrol sama temen gue, gimana cara bikin theater of mind dari audio visual dan mencipta memori dari persepsi aroma yg ada di audio visual itu tadi, tapi yg sifatnya stereotip.. bisa bikin semua orang sependapat dengan yg diarahkan audio visual itu..
    misalnya audio visual tumpukan sampah, mayat, dll..
    tantangannya gimana caranya bikin yg gak general?

    ReplyDelete
  2. Ini bener banget Tulz, gue dari dulu pingin nulis soal ini tapi gue pikir gue doang yang aneh... Hahahaha... Begitu baca "Perfume: The Story of A Murderer"-nya Patrick Suskind, baru deh percaya bahwa gue gak sendirian. Ada orang edan yang bisa menjelaskan dengan detail bau2an dan apa yang muncul di kepala manusia dari bau2an itu.

    ReplyDelete
  3. Aku dan Oscar percaya suatu hari akan ada masanya diciptakan teknologi seperti ini..

    ReplyDelete
  4. kalo teknologi kalo ga salah sih udah ada, Ne..
    Kayak webcam gitu, tapi sprayer aroma..

    yg jd tantangan adalah bikin theater of mind dalam persepsi thd aroma.. jadi nonton sesuatu, trus ngerasa membaui sesuatu.. sebioskop nonton dan ngerasa bau yg sama dgn persepsi kenangan akan bau tersebut yg berbeda2..
    • motul bauin melati dan sedap malam = pemakaman..
    • gue = pernikahan..

    tetep terkenang bau melati dan sedap malam, tapi persepsinya yg beda2.. seru bgt kan tuh.. hihi..

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah nonton tuh di discovery tes pengaruh bau badan cowo ke cewe2. Emang secara ga sadar kita naksir/merasa secure gara2 bau tu org :)

    ReplyDelete
  6. ini kan pernah jadi usulan DP4-mu.. hihi..

    eh temen seangkatan jane di eindhoven dulu masternya ttg hubungan desain (produk) dan bau2an. keren deh. udah jadi buku juga (tp bahasa belanda).

    ReplyDelete
  7. Oia jd inget juga dulu pernah nulis ttg aneka sensasi yg kita rasain lewat indera kita.. Contohnya waktu itu sensasi 'gemes' yg biasa kita rasain lewat penglihatan, misalnya ngeliat anak anjing.. Tp rasa gemes juga bisa dirasain lewat penciuman, misalnya bau setip :). Emang kita lebih jarang merhatiin indera penciuman dan peraba (kalo sensasi gemes dlm indera peraba contohnya bantal bulu angsa :p). Yg paling sering kita perhatiin emang cuma penglihatan, pendengaran n sekarang yg lg tren berat, indera pengecap.. :p

    ReplyDelete
  8. Inspiring. Gw pernah dengar juga tuh konsep teknologi bau yang bisa dioplos seperti katanya Motul. Betul sekali, bau adalah sensor yang paling pertama aktif sewaktu manusia dilahirkan sampai umur sekitar 5 tahun. Sehingga persepsi tentang bau termasuk embedded memory yang paling kuat tertanam didalam otak manusia. Tetapi sejalan dengan umur, otak lebih mengutamakan logic (otak kiri), sedangkan persepsi tentang bau yang tertanam dulu itu lebih pada emotion (otak kanan). Akibatnya emotion terbenam jauh sehingga menjadi "unconscious". Kita melakukan hal2 spontan tetapi tidak tahu persis dasar dari tindakan itu. Ada pemicunya. Bila terpicu (bau termasuk yang kuat sbg pemicu), maka ia akan membangkitkan memory lama dan menggerakkan orang untuk berbuat sesuatu (kalau kata Ganesh disebut Stereotype, tetapi lebih tepatnya disebut Archetype). Itu nyenggol area Psycho Analysis. He he he.... one of my favorite subject. asik.

    ReplyDelete
  9. Kode untuk bau ketek kira2 apa ya? :-)

    ReplyDelete