Monday, October 22, 2007

Get Married

Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Comedy
Sudah lama penasaran mau nonton film ini tapi baru berhasil kemarin nonton sendiri di Citos. Ternyata film ini menggemaskan sekali, menghibur, dan syarat dengan sindiran yang menurut saya bagus sekali.

Rasanya gw gak perlu ceritain rangkuman dari film ini, sebab sudah banyak sekali resensi cerita tentang film ini, so gw akan coba review dari sisi lain saja.

Sejak menonton Nagabonar Jadi 2, gw melihat bahwa film Indonesia sudah berani muncul dengan format komedi yang sarat dengan pesan dan kritik. Baik implisit maupun eksplisit. Get Married (GM), muncul dengan diawali dengan scene yang menjelaskan tentang kondisi negara ini yang sangat sarkasme, apa adanya, gamblang, dan penuh deskripsi yang karikatural.

Enam karakter utama, Nirina, Aming, Ringgo, Desta, dan cowok ganteng bakal kekasih Nirina (lupa namanya), mencoba membawa cerita ini dengan gaya yang sangat parodikal. Begitu pun dengan gaya Hanung dalam mengemas film Jomblo. Bedanya film ini terasa lebih mantap aja, mungkin Hanung sudah menemukan ramuan yang pas buat bumbu film jenis ini.

Nah.. yang saya suka dari mereka tadi adalah: Ringgo tampil bukan seperti format biasanya, yaitu selalu dengan tampang lugu, polos, tolol, dan selalu jadi bulan-bulanan cewek. Kali ini dia tampil lebih gagah, punya karisma (walaupun dodol) dan lebih bisa "mikir". Sementara Aming, yang selalu dikenal banci, kali ini tampil sebagai preman kampung yang sungguh mengangumkan. Gaya bahasanya liar, ceplas-ceplos, dan sangat kesehariain. Aming sangat mempunyai peran dalam menjaga alur ini menjadi segar. Lalu Desta, nah buat Desta yang tidak banyak berubah, dia nampak tampil seperti karakter apa adanya. Namun ternyata karakter ini lah yang menjadikan ketiga preman kampung ini menjadi klop dan pas, ibarat kopi 3in1, campuran ketigannya ini memang sudah yang paling pas. Tidak overlap, tidak bertabrakan, tidak saling ingin hebat sendiri, dan tidak sok asik.

Sayangnya untuk Nirina, gw masih melihat dia masih suka kecolongan untuk "pengen lucu". Karakter ini memang cirinya Nirina sejak jadi VJ-MTV, yaitu selalu pengen tampil / terlihat lucu, padahal ketika dia akting wajar dan apa adanya dengan keluguan biasa malah bisa jadi lebih lucu. Mungkin Nirina musti belajar hal ini dari Ringgo dan Aming, ketika ketidak biasaan yang ditampilkan justeru malah memberikan kelucuan dalam format lain, misalnya saat Aming marah-marah kepada kedua temannya. Penonton malah tertawa melihat Aming, karena memang tidak biasanya dia marah2 dan sok khotbah gitu.

Oh iya.. Jaja Miharja. Ya dia memang pemain panggung komedia betawi. Penampilannya sangat bersahaja, apa adanya dan bagus sekali. Saya gak habis pikir kalo Bang Jaja ternyata masih bisa tampil dengan sangat wajar dan natural. Gaya bicaranya pun sangat khas dan menunjukkan kepiawaian dia dalam berartikulasi drama. Meriam Belina (isteri Jaja) masih tampil akting.

Secara keseluruhan, film ini memang bagus. Cocok ditonton buat masyarakat Indonesia yang selalu haus dengan komedi. Hebatnya, komedi di sini mampu menyampaikan pesan-pesan yang harusnya merasuk ke hati dan pemikiran masyarakat Indonesia yang serba "brutal". Gw rasa ini semua karena skenario yang mantaf dari Musfar Yasin (penulis Nagabonar Jadi 2).

Nah yang gw bertanya-tanya dan menyayangkan adalah judulnya, mengapa harus dengan bahasa Inggris ya? "GET MARRIED". Padahal jika dibuat lebih Indonesia pun akan tetap bagus. Atau karena ada adegan "jangan kawin sama bule?" hehehe...

Satu lagi yang gw gemes dan gregetan adalah pernyataan "anak sultan" dan "anak raja". Bagi saya ini merupakan kunci atau kartu truf yang saya tunggu-tunggu di akhir cerita. Saya menjaga sekali untuk tidak menerka apa makna dari kata-kata tadi. Sayang hingga akhir cerita, ternyata tidak ada makna apa-apa. Padahal gw berharap akan ada sebuah "GONG!!" yang menjelaskan makna dari kata-kata tadi.. Tapi tetap saja film ini OK koq... hehehe..

Keren!!

32 comments:

  1. kata musfar yasin, sang penulis scenario judul aslinya "kepayang". tapi seperti biasa, pabrik filmnya selalu bikin judul dalam bahasa inggris ("virgin", "the soul", "me vs high heels", "heart") atau pelajaran bahasa inggris ("love is cinta"). yah jadi gitu deh... diinggriskan juga.

    ReplyDelete
  2. jadi pengen nonton, tapi nonton sama siapa yah?

    btw dvd matsuko lom dapet2 nih kang motulz :(

    ReplyDelete
  3. klo sampe motul bilang bagus...
    jadi pnasaran nih... ^_^'

    ReplyDelete
  4. sob.. tanyain dong.., makna "Anak Raja" dan "Anak Sultan" itu apa? :D gw koq yakin si penulis punya sesuatu dalam makna itu.. thanks!!

    ReplyDelete
  5. Ahhh.. gw ngerti.. mungkin ini pertimbangan buat dijual ke penonton Malaysia kali ya

    ReplyDelete
  6. Motulz, ntar aku tanyain maknanya..mudah-mudahan beliau nggak lagi sibuk. Makasih udah kasih ulasan yang lain dari yang lain ini:)

    ReplyDelete
  7. jalan ceritanya biasa sekali sih..cuman gaya betuturnya yang lucu..dengan humor2 sehari-hari di indonesia..makanya banyak yang ketawa. saya pribadi lebih suka sama jaja miharja dan merriam bellina (merriam bellina itu kalo maen film jadi orang kismin yang bener2 kaya' orang kismin...ngga banyak dandan menor kayak si ibu desy ratnasari :D). settingnya bagus..apalagi ketika scene top angle dimana ada krupuk dan ikan asin yang di jemur.
    kalo nirina....gw bosen bgt....ngga ada yang laen yaa? kayak anissa subandono kek atau siapa kek...kenapa harus nirina yaa?
    btw lebih bagus jomblo ke mana-mana kok :D

    ReplyDelete
  8. betul sekali.. premis ceritanya sih sangat standar.. MO KAWIN. Tapi gaya kesehariannya gua suka banget. Gua sih nebak.. AMing banyak dialog yg keluar dari skenario.. alias pake gaya bahasa dia sendiri deh.. soalnya wajar banget intonasinya

    ReplyDelete
  9. wah. Motul..(gak ngajak2 yah:p)
    baca review ini gue jadi penasaran abis.. sepertinya sih emang kocak banget deh film ini. penasaran liat aksi 'trio preman' yang loe ceritain di atas. cuma nyebelinnya kalo nonton film indo, belum lama diputer di bioskop eh udah tayang di TV..

    ReplyDelete
  10. memang film ini ngagetin, kalo mau di-inggris-in "surprisingly good", padahal gue nonton ini karena cewek gue anti film horror. Gue setuju sama Motulz, kayaknya kekuatan Hanung memang di film2 gaya 'Jomblo' begini. Bedanya sama jomblo, ceritanya udah lebih bulet, pesan-pesan lebih dalem, dan gue mulai berasa gaya2 realis yang menjadi kekuatan film indonesia tahun 70an muncul kembali.

    Masalah gue, selain sama judulnya, juga sama posternya, gak menarik banget.

    ReplyDelete
  11. merasa tersindir gak tul....??? hehehehe
    jadi kapan nih acaranya??

    ReplyDelete
  12. oooooh... jadi ini sebenernya karena motul yang pengen get married?
    *kedip3*

    ReplyDelete
  13. yahahaha Suliiss.. bukannya gak mau ngajak :D abis katanya baru bisa kongkow minggu depan :D kapan yuuuk

    ReplyDelete
  14. Ah iya.. gw liat ini gaya komedi Nya Abbas Akub, era "Kejarlah Daku Kau Kutangkap", lalu "Cintaku Di Rumah Susun" dan sejenisnya deh..

    Hehehe.. iya ya.. posternya cupu banget sih

    ReplyDelete
  15. Aso : halaah.. gw udah cukup disindir ama kalian2 lah.. hahaha

    Cia : adeeeeuuuhhh.. :P

    Harly : sudahlah.. cepet sana mending kamu nonton :D

    Arian : wah maneh pisan.. bener Yan.. sok nonton geura.. ajak James Ecky

    ReplyDelete
  16. opini gw yah :

    kurang bagus ah filemnya.. second ratenya jomblo hehe..
    dari pengenalan karakter awal. lgsg kerasa. anjir, ini mah jomblo..
    trus..
    lucunya rada dibuat2, repetitif. gagal ketawa gw hiks.
    akting si tokoh pria ganteng itu duuh. gemesin.. kaya ntn sinetron ey.
    sayang bgt.. yg sangat menolong akting nya bang jaja sama aming..
    fresh! suka gw :D
    sayang beribu sayang dikiit banget adegan yg bikin ketawa..
    gambar kampungnya keren siih.. tapi dialognya, terutama bagian mas2 ganteng itu pertama kali dateng ke rumah nirina.. aduu mamii merindinng..

    penonton sebelah2 gw pada ketawa ngeliat pas adegan tawuran itu. menurut gw adegannya kurang keren. lempar2an barang mulu. cliche bgt. sekali lagi. repetitif..

    rada kurang puas ey gw

    2 bintang

    ReplyDelete
  17. jadi hayang yah Tul.. hayang kawin atau hayang pacaran ieu teh? ahiahiahiahai... geuleuh teu ngajakan ih

    ReplyDelete
  18. Arian : eh ajak awewe laaah.. gua lupa kalo lu udah jadi pangeran ibukota

    Ita : wah nanti kalo diajak.. pasti pilihannya jatuh ke Plaza Semanggi, tempat mangkal mbak mbak Sudirman hihihhii..

    Terror : Oh gitu ya? :) kalau gua sih sepanjang menyimak film ini emang gak over expected dengan adegan yang heboh.. dan kekonyolan adegan emang gak biasa.. contoh.. ketika si bodyguard ngamuk di kantor polisi. Asli gua ngakak abiiisss.. gokil!! hahahaha.. tapi ya ya.. humor vocabulary & taste emang gak bisa sama.

    Gua sih 80% film ketawa tuh

    ReplyDelete
  19. wah, point2 yg diangkat di review ini bener2 point yang menurut aku penting... jadinya aku pingin nonton euy.... cari ah DVD-nya...

    ReplyDelete
  20. Wah iya atuh Teh.. kudu nonton... Tapi mungkin baru bisa dapat DVD nya kapan tuh :D alaah meuni karunya si teteh hehehe..

    ReplyDelete
  21. bener ni ? soalnya loe kan positif thinking orangnya hehe. tapi memang gua penggemar film2 hanung si.cuman pasti kaga ada yg mau nemenin nonton huh.jadi nunggu dvdnya aja

    ReplyDelete
  22. mo jagain anak gw gak?
    mumpung gw lagi di kalipasir nih...
    kan lumayan buat latihan... :D :D

    ReplyDelete
  23. kirain lo gak bakalan bikin review film ini tul, hehehe...

    buat gw, film ini lebih bagus dari jomblo, lebih 'dapet' aja gitu hanung... mungkin bener kata lo, hanung udah dapet resepnya buat film2 kaya gini...

    yg pertama kali ganggu buat gw waktu nonton film ini adalah color tone nya... kenapa begitu ya? terlalu serius buat gw... knp gak dibikin natural aja ya? sama kaya jomblo or cheesy2 movie pada umumnya...

    yg kedua, aming... sayangnya gw gak pernah ngeliat dia lucu, trus, secara mereka dilahirkan di kampung itu bareng2, knp tau2 dia nyunda banget ya? lebih nyunda dari si agus di jomblo malah... buat gw ini aneh, kecuali dari sma dia dibuang di bandung sampe kuliah (ups... sori tul...)... tapi walaupun begitu, aming emang 1 dari 2 orang yg akhirnya stole the attention dari film ini...

    yg ketiga, desta... sayang banget dia gak ngapa2in di film ini... bulak balik ngerokok muluuuu.. dgn gaya ngerokok yg sangat gak natural... gw lupa dia itu ngerokok apa nggak ya...

    tapi dari semua itu, tetep gw salut sama film ini... terutama scene tawurannya... koreografi nya poll!! gak percuma latian 2 bulan & pake 3 kamera film khusus untuk suting scene ini, walaupun menurut gw masih kepanjangan scene nya... tapi koreografi yg terkesan berantem natural tanpa terkesan mereka dilatih oleh jagoan bela diri nya gw suka banget... SOOO NATURAL!! begitu juga dengan props2nya... mengingatkan gw sama gaya koreografi nya jacky chan, yg suka memanfaatkan situasi sekitar waktu lagi berantem, termasuk yg mau dulu2an ngebakar karena udah kerendem minyak tanah...

    oh iya, di scene ini ada 1 cameo yg dasyat bgt!! mpok nori!! gila emang orang itu...

    ada 1 scene yg bikin gw heran, kok gw bisa ketawa segitu ngakaknya... yaitu scene waktu 3 preman kampung itu terlempar dari gang go to hell itu, gara2 mau gebukin si binaragawan... itu poll banget... walaupun sebenernya kita udah sering liat di film2 hongkong... tapi entah kenapa, kok gw bisa ketawa ngakak abis pas disitu, padhal gw gak abis nyimeng :p

    udah ah, capek ngetiknya... pokonya film ini emang dasyat ko... 1 of the best indonesian movie this year!!

    ReplyDelete
  24. kak motul, akhirnya saya nonton jg. ah...ternyata saya tidak sependapat ya...kecewa sekali setelah menonton film ini. boring brat...hehe.

    ReplyDelete
  25. whahahaha... Kalau Ayat Ayat Cinta? udah belum?

    ReplyDelete
  26. AAC gimana, Tul?
    menunggu reviewmu nih... :D

    ReplyDelete